Image

HARI KESEHATAN LINGKUNGAN SEDUNIA

HAKLI MEDIA, (Senin, 26/09/22)

SELAMAT HARI KESEHATAN LINGKUNGA SEDUNIA TAHUN 2022

Sejak tahun 2011, tanggal 26 September diperingati setiap tahun sebagai Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia yang diprakarsai oleh International Federation of Environmental Health (IFEH) dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dunia terhadap kesehatan lingkungan. Pada tahun ini, Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia bertemakan “Strengthening Environmental Health Systems for the Implementation of the Sustainable Development Goals”. Sebanyak 17 tujuan SDG’s 2030 terintegrasi sebagai seruan universal dan internasional dalam melindungi masyarakat beserta lingkungannya seiring berkembangnya pembangunan serta dalam rangka mengatasi perubahan iklim dan pemanasan global.

Kesehatan lingkungan memiliki peran penting dalam pencapaian SDG’s bahwa sebanyak 7 tujuan, 19 target, dan 30 indikator SDG’s berkaitan dengan kesehatan lingkungan. Besarnya tantangan yang dihadapi tentunya memerlukan kontribusi lintas sektor dan lintas program dalam pencapaian setiap tujuan SDG’s terutama di bidang kesehatan lingkungan untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera dalam lingkungan yang nyaman dan menyehatkan.

Oleh karena itu, tenaga sanitasi lingkungan sebagai sumber daya manusia kesehatan yang menjadi garda terdepan implementasi kesehatan lingkungan memiliki tugas besar dalam pencapaian SDG’s. Kompetensi dan keahlian yang mumpuni dan tepat sasaran diperlukan untuk mengantarkan tercapainya setiap indikator, target, dan tujuan SDG’s di bidang kesehatan lingkungan.