Image

Musyawaran Daerah dan Pelantikan Pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Barat

KABARHAKLI, PADANG - Penyelenggaraan Musyawarah dan Pelantikan HAKLI Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan pada Sabtu, 11 Juni 2022 sampai dengan Minggu, 12 Juni 2022. Lokasi penyelenggaraan kegiatan bertepatan di Pangeran Beach Hotel Padang, dengan diikuti seluruh pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari 15 Kabupaten/Kota dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Dalam pelaksanaan kegiatan ketua panitia pelaksana menyampaikan beberapa laporan. “Anggota HAKLI Provinsi Sumatra Barat sebanyak 1700 orang dan yang sudah ber STR sebanyak 1045 orang, Terdapat 2 kegiatan yang dilakukan, yaitu lokakarya nasional dan musyawarah provinsi, pemilihan bakal calon ketua dilakukan dengan sistem formatur” tutur Miladil Fitra, SKM, MKM.

Topik yang diusung pada acara ini yaitu “Tata Kelola Organisasi Profesi Berkelanjutan Pada Transformasi Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Sumatra Barat”. Penyampaian sambutan juga diberikan oleh Ketua HAKLI Provinsi Sumatera Barat R. Firwandri Marza, SKM, M.Kes, “Topik acara sejalan dengan arah kebijakan dan strategi Kemenkes dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang bertujuan meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Untuk mencapai target penurunan stunting sebesar 14% tahun 2024, diperlukan intervensi lebih dari intervensi spesifik. Kontribusi terbesar 70% yaitu upaya-upaya mencegah untuk mengurangi gangguan secara tidak langsung dengan berbagai pembangunan non kesehatan non esensial antara lain pada air bersih dan sanitasi dasar.” Beliau juga menyambung kesinambungan Organisasi Profesi dengan keberlangsungan program-program pemerintah, “Kemitraan bersama OP ahli yang telah dilakukan perlu ditingkatkan guna meningkatkan elemen-elemen mencapai strategi penyehatan lingkungan dalam memenuhi target agar dapat lebih efektif mencapai outcome yang lebih besar khususnya penurunan stunting melalui advokasi, penguatan kapasitas, dan sosialisasi.”


PP HAKLI telah Berdiskusi dengan BKKBN dan Dirjen Bina Bangda terkait percepatan penurunan stunting. Percepatan penurunan stunting adalah suatu panggilan hasrat regulasi sesuai pasal 28 H dimana negara menjamin rakyatnya untuk hidup sehat dan mendapatkan kualitas lingkungan yang baik, tutur Ketua Umum Pengurus Pusat HAKLI Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes.


Dinkes berharap dapat bekerja sama dengan HAKLI, dan menunggu dari HAKLI untuk bersama-sama melakukan FGD supaya dapat menterjemahkan program kegiatan dan permasalahan kesehatan yang ada.


Pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Barat terdiri dari beberapa bagian diantaranya : Komisi A (Pembelajaran dan Profesionalisme), Komisi B (Keuangan dan Kesekretariatan), Komisi C (Pengabdian Masyarakat, Publikasi Ilmiah, dan Pengembangan IPTEK).


Ketua terpilih pada Musyawaran Daerah dan Pelantikan Pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Barat yaitu Miladil Fitra, SKM, MKM dalam arahannya beliau menyampaikan Akan mensedekahkan waktu dan memberikan yang terbaik untuk HAKLI Sumatra Barat, Akan mengadvokasi mitra maupun stake holder dan sudah memiliki visi : menjadikan organisasi profesi yang unggul, inovatif, dalam mewujudkan tenaga sanitasi lingkungan yang professional, sejahtera, bermartabat, dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Misi : Menjalankan pengembang iptek dan teknologi kesehatan lingkungan, Meningkatkan nilai-nilai profesionalisme, etika, moral, dan disiplin profesi, Menjalankan good government dalam TKOP, Menjalankan Kerjasama strategi, Akan menyiapkan kerangka kepengurusan bagi yang mau mengikhlaskan waktu.


Tantangan untuk mengembangkan HAKLI harus diperlihatkan realita bagaimana menggunakan data dalam memberikan sebuah gambaran untuk memperoleh dukungan dan kebijakan bagi sebuah rencana yang dijadikan tujuan strategis HAKLI, Ujar Bambang Lukisworo, SKM selaku Sekretaris Jenderal HAKLI