Image

KH. Ma"ruf Amin Buka Rakernas Ke-3 Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia

SINARPAGINEWS.COM - JAKARTA, Organisasi Profesi Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-3 yang mengangkat tema “Integrasi Peran Strategis Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia dalam Pemberdayaan dan Penguatan Daya Dukung Pencapaian Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2024” dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr (HC) KH. Ma’ruf Amin, Sabtu (26/3/2022).


“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Rapat Kerja Nasional ke-3 Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) tahun 2022 secara resmi saya nyatakan dibuka,” ujar Wapres KH. Ma’ruf Amin.


Dalam sambutannya, Wapres KH. Ma’ruf Amin mendorong HAKLI untuk lebih berperan dalam peningkatan akses minum dan sanitasi layak untuk mempercepat penurunan stunting.


“Upaya ini diwujudkan melalui sinergi berbagai pihak, baik di pusat, daerah, dan desa, termasuk pelibatan para Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI),” kata KH. Ma’ruf Amin.


Wapres menekankan, peningkatan akses air minum dan sanitasi menjadi prioritas dalam upaya pemerintah mempercepat penurunan prevalensi stunting di Indonesia. Dimana ditargetkan pada tahun 2024 nanti, akses rumah tangga terhadap air minum layak tercapai 100 persen, sedangkan akses rumah tangga terhadap sanitasi layak tercapai 90 persen. Namun, tren kenaikan cakupan layanan keduanya dalam tiga tahun terakhir ini tidak signifikan, yaitu di bawah tiga persen.


Editor: Asep Ruslan

https://sinarpaginews.com/nasional/50423/kh-ma-ruf-amin-buka-rakernas-ke-3-himpunan-ahli-kesehatan-lingkungan-indonesia.html