Image

HAKLI Gelar Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Manado

HAKLI MEDIA | 17 Agustus 2023

Peringatan HUT RI ke-78 pada 17 Agustus Tahun 2023 ini digelar oleh Pengurus Pusat Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) bekerjasama dengan Pengurus HAKLI Provinsi Sulawesi Utara. Berlangsungnya kegiatan ini diawali dengan Upacara Pengibaran Bendera sang Merah Putih oleh Paskibraka Mahasiswa dan Mahasiswi Poltekkes Kemenkes Manado secara hikmat yang diiringi oleh nyanyian lagu Indonesia Raya. Upacara berlangsung dengan sangat tertib dengan inspektur upacara yaitu Bapak Tonny Kurtis (Ketua HAKLI Provinsi Sulawesi Utara), beliau membacakan teks Proklamasi dan Pancasila dan diikuti oleh peserta upacara.

Dalam Kesempatan itu, turut hadir secara daring melalui zoom yaitu Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes (Ketua Umum PP HAKLI) yang menyampaikan sambutannya bahwa kemerdekaan adalah sebuah tujuan, selain melingdungi seluruh tumpah darah Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut tertib didalam keadilann dan kedamaian bagi dunia, tentunya ada pula hal yang terkait kesejahteraan, yang telah memberikan arti bahwa sesungguhnya penjajahan adalah sebuah hakikat daripada masuknya transformasi digital untuk tidak terjajah dalam sebuah kebodohan, kemiskinan dan ketidakadilan, sehingga Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia sebagai Organisasi Profesi, dapat menjadi pengayom para penyambung hati rakyat yaitu Tenaga Sanitasi Lingkungan (TSL). Sebagaimana amanah yang tertulis dari pada pasal 28 H yaitu Negara menjamin hak untuk setiap masyarakat memperoleh kesejahteraan yg adil dan memperoleh kualitas lingkungan yang baik dan sehat. oleh karena itu para TSL dari sabang sampai merauke adalah penyambung hati rakyat dan menjadi pahlawan yang tulus dan dapat memberikan hadirnya negara dalam pelayanan kesehatan. saat ini kualitas udara di Indonesia khsuusnya di Jakarta sedang buruk, oleh karenanya TSL harus giat melakukan pengawasan udara sebagai tanggung jawabnya dalam bekerja.

Dalam rangkaian acara terdapat Pemberian Penghargaan dari PP HAKLI yang diberikan langsung oleh Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes (Ketua Umum PP HAKLI) kepada 4 Tenaga Sanitasi Lingkungan teladan, dimana Tenaga Sanitasi Lingkungan tersebut berperan:

Sebagai Tenaga Sanitasi Lingkungan Teladan Dalam Upaya Penguatan Kompetensi dan Penyelenggaraan Kesehatan Lingungan

1. Debby C. Kamasan, SST (Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara)
2. Clara Shinta Dilapanga  (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara)
3. Agung Sapto Budi Nugroho, ST, MM (Kabupaten Sleman provinsi DIY)
4. Wiwik Rosalia, SKM (Kota Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat)

Selamat kepada para TSL teladan

Berikut anda dapat saksikan live streaming Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78:
https://www.youtube.com/watch?v=ID-6WC1Sx6A

Kita Sehatkan Lingkungan, Lingkungan Sehatkan Kita