Image

Pelantikan Pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Selatan

Sabtu, 3 September 2022 Ketua Umum PP HAKLI melantik Pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Selatan Periode 2022-2027 bertempat di Auditorium IKEST Muhammadiyah Palembang.

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum PP HAKLI Nomor 263/SK/PP-HAKLI/IX/2022 tentang Susunan Pengurus HAKLI Sumatera Selatan Periode 2022-2027, Ketua Umum PP HAKLI menetapkan Sudarto, ST, M.Si sebagai Ketua HAKLI Provinsi Sumatera Selatan beserta 17 orang pengurus lainnya.

Pada Agenda Pelantikan Pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Selatan,  Sudarto, ST, M.Si (Ketua HAKLI provinsi Sumatera Selatan) menyampaikan bahwa Pengurus HAKLI Provinsi akan melakukan konsolidasi kepada pengurus kabupaten/kota. Beliau juga berharap agar HAKLI menjadi garda terdepan terkait program sanitasi lingkungan salah satunya program kota sehat.

Prof. Dr. H. Arif Sumantri (Ketua Umum PP HAKLI) menyampaikan 6 pilar pada transformasi kesehatan harus terkait secara menyeluruh baik transformasi SDM, transformasi pelayanan primer, transformasi pelayanan rujukan, pembiayaan, ketahanan dan teknologi kesehatan. 

Dalam bonus demografi ada yang menjadi PR dimana pada usia produktif mereka rentan dikarenakan stunting. Hal ini menjadi concern bersama salah satunya bagi tenaga sanitasi lingkungan yang berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 merupakan tenaga yang harus berada di setiap desa untuk percepatan penurunan stunting.

Pada agenda pelantikan pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Selatan, turut pulah hadir Staf Ahli Gubernur Sumatera Selatan bidang pemerintahan, hukum, dan politik, Beliu mengajak tenaga kesehatan lingkungan agar terus meningkatkan upaya agar Sumatera Selatan dapat menjadi contoh pembangunan kesehatan yang baik dalam menghadapi berbagai permasalahan. Eksistensi organisasi dipandang perlu dikarenakan tantangan yang dihadapi saat ini memperlukan peran organisasi yang berbasis kompetensi serta dikelola secara baik. Pengurus HAKLI Provinsi diharapkan berperan aktif dan bersinergi dengan pemerintahan daerah.

Dalam agenda seminar pada agenda pelantikan pengurus HAKLI Provinsi Sumatera Selatan, Ketua Umum PP HAKLI menyampaikan tata kelola organisasi harus transparan dan akuntabel. Dalam waktu dekat HAKLI akan mendata pelatihan apa yang diperlukan. Agar bisa dirancang dan kemudian hasilnya dapat disertifikasi sehingga hasilnya akuntabel. Berbagai kementerian sudah berintegrasi dengan program pembangunan kesehatan dan lingkungan sehingga TSL bisa bekerja diberbagai bidang dan harus dirangkul.