Image

Pelatihan Pengawasan Kualitas Kesehatan Lingkungan Tenaga Sanitasi Lingkungan Puskesmas Wilayah Bogor Tahun 2023

HAKLI MEDIA | 13 November 2023

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Mendsho pertama kali mengadakan Pelatihan dengan Peserta terbanyak dalam Tahun 2023, pasalanya Pelatihan dengan tema "Pengawasan Kualitas Kesehatan Lingkungan Tenaga Sanitasi Lingkungan Puskesmas Wilayah Bogor Tahun 2023" ini diikuti oleh 100 Peserta yang merupakan Tenaga Sanitasi Lingkungan Puskesmas di Wilayah Bogor. Peserta terbagi menjadi dua angkatan dengan masing-masing peserta Anggatan pertama sebanyak 50 orang dan peserta Angkatan dua sebanyak 50 orang.

Pelatihan Pengawasan Kualitas Kesehatan Lingkungan Tenaga Sanitasi Lingkungan Puskesmas Wilayah Bogor Tahun 2023 pada Angkatan pertama dilakukan empat hari yaitu pada tanggal 01-02 November 2023 dilakukan secara daring melalui zoom, kemudian pada tanggal 03-04 November 2023 dilakukan secara Luring di Kampung Sanitasi HAKLI, guna melaksanakan tugas lapangan melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) di Tempat dan Fasilitas Umum (TFU), kemudian dilanjutkan oleh angkatan dua pada tanggal 06-07 November 2023 yang dilakukan secara daring melalui zoom, kemudian pada tanggal 08-09 November 2023 dilakukan secara Luring di Kampung Sanitasi HAKLI, guna melaksanakan tugas lapangan melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) di Tempat dan Fasilitas Umum (TFU).

Pada hari terakhir kegiatan pelatihan yaitu hari Kamis, 09 November 2023 di Hotel Sahid, Serpong, Pelatihan secara resmi ditutup oleh Direktur Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Mendsho yaitu Drs. Suharno, M.Kes dan Ketua Umum PP HAKLI yaitu Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes, yang hadir melalui zoom. 

Tempat dan Fasilitas Umum yang dijadikan tempat Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) diataranya yaitu : melakukan Pemeriksaan dan Pengawasan dan Pengambilan Sampel Kualitas Udara di Puskesmas Rawa Mekar (Tempat Fasilitas Pelayanan Kesehatan), Pemeriksaan dan Pengawasan dan Pengambilan Sampel Kualitas Pangan di Rumah Makan Padang, Pemeriksaan dan Pengawasan dan Pengambilan Sampel Kualitas Pangan di Warteg, dan Pemeriksaan dan Pengawasan dan Pengambilan Sampel Kualitas Air Minum dan Air Bersih di Pemukiman Warga. Semua hasil pengambilan sampel dari tempat-tempat tersebut kemudian harus diuji oleh peserta di Laboratorium Kesehatan Lingkungan di Kampung Sanitasi (peserta dibagi kedalam kelompok pada setiap tempat pengambilan sampel dan media). Setelah hasil pengujian tersebut keluar maka para peserta harus mempresentasikan hasilnya dan kemudian peserta harus membuat Rencana Tindak Lanjut untuk hasil Inspeksi Kesehatan Lingkungan pada tempat uji, Selanjutnya Peserta harus mengisi soal-soal Post Test untuk hasil akhirnya. Peserta sangat lega setelah melakukan post test dalam Platform Plataran Sehat Kemenkes, karena nilai sudah memenuhi batas kelulusan. Itulah bentuk simulasi pelatihan yang diadakan oleh LPP Mendsho, semua materi dan praktik lapangan yang dipaparkan oleh Fasilitator sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, adapun Fasilitator yang memberikan materi diantaranya: Sri Eko Ananingsih, SKM., MM.; Nurul Qomariah, SKM., M.Psi.; Tri Hernowo, SKM., M.Kes.; dan juga dari jajaran Kementerian Kesehatan yang sangat berpengalaman dibidangnya masing-masing. Maka dari itu dari pelatihan ini, peserta dapat menerapkannya dalam pekerjaan sesungguhnya.