Image

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PENGELOLAAN SAMPAH

HAKLI MEDIA I Jawa Tengah, 30 Oktober 2023

Dalam rangka pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Puskesmas Ambal II bekerjasama dengan DLHKP Kab Kebumen membentuk bank sampah di 9 desa. meskipun baru 9 dari 16 desa yang terbentuk namun hal ini cukup membantu dalam memberikan edukasi kepada Masyarakat dalam pengelolaan sampah. Hal menarik yang terjadi adalah 80% dari bank sampah yang terbentuk berasal dari program kerja PKK.

Hal ini membuktikan bahwa keterlibatan kaum perempuan memegang peranan penting dalam pengelolaan sampah yang menjadi pilar keempat dari STBM. Hal tersebut yang sering terlupakan dalam perwujudan sanitasi total, padahal peran kaum hawa sebagai motor penggerak pembangunan kesehatan justru harus ditingkatkan, ada Pokja 3 di PKK desa yang mengurusi Kesehatan, lalu ada pertemuan seperti kelas ibu hamil, kelas ibu balita disamping pertemuan PKK sendiri, yang apabila pertemuan tersebut dapat dioptimalkan bukan tidak mungkin pengelolaan sampah mandiri akan lebih cepat terwujud perlu diingat semua berawal dari rumah dan di rumah kaum ibulah yang berperan.

Pada akhirnya tanpa mengabaikan peran kaum pria dalam perwujudan pengeloaan sampah mandiri, kaum wanita terutama ibu-ibu perlu lebih banyak dilibatkan, sekali lagi karena semua berawal dari rumah jika sampah sudah terpilah dari rumah akan lebih mudah untuk mewujudkan lingkungan yang bebas sampah disamping itu perlu ditanamkan keyakinan bahwa sampah tidak semua harus dibuang, gaya hidup 3R (reduce, reuse, recyle) harus dibudayakan.

Oleh : Aseska Galuh Atmaja (Tenaga Sanitasi lingkungan Puskesmas ambal II, Kebumen Jawa Tengah)