Image

PERAN HAKLI DALAM PEMBANGUNAN AIR DAN SANITASI

HAKLI MEDIA | 13, September 2023

 

Direktorat Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan RI mengadakan rangkaian acara Rakornas Air Minum dan Sanitasi Tahun 2023 yang berlangsung pada hari Senin hingga Rabu, 11-13 September 2023. Salah satu rangkaian kegiatannya yaitu pada Rabu, 13 September 2023 telah berlangsung Talkshow dengan tema “Peran Mitra Pembangunan Dalam Air Minum dan Sanitasi”. Dalam talkshow tersebut hadir secara langsung dari beberapa narasumber hebat, salah satunya Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes (Ketua Umum PP HAKLI) yang menyampaikan materi bertema “Peran HAKLI dalam pembangunan air dan sanitasi”. 

Dalam pemaparan materinya beliau menyambapaikan bahwa Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 bahwa masyarakat dijamin atas air yang sehat, namun faktanya tidak merata termasuk kualitas udara. HAKLI berperan dalam Pembangunan air dan Sanitasi terutama pada pendayagunaan Tenaga Sanitasi Lingkungan, advokasi kesesuaian regulasi SOTK, pembinaan P2KB, rekomendasi formasi dan otorisasi, dan koordinasi perencanaan dan penganggaran. Kewenangan pengawasan kualitas kesehatan lingkungan diperlukan dalam mengawal Kabupaten/Kota Sehat atas komitmen Kepala Daerah mencapai Sustainable Development Goals dan Indeks Pembangunan Manusia.

Otorisasi Tenaga Saitasi Lingkungan sebagai pengawas kualitas kesehatan lingkungan memiliki kompetensi yang memerlukan peningkatan kapasitas melalui Lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang terakreditasi A dan Lembaga Sertifikasi Profesi berlisensi BNSP. Kolaborasi dengan berbagai Kabupaten/Kota telah HAKLI laksanakan pada dengan kegiatan penguatan penyehatan lingkungan dengan Indramayu, Madiun, dan Tangerang Selatan melalui kampung Sanitasi.

 

Kita Sehatkan Lingkungan, Lingkungan Sehatkan Kita