Image

PERAN KITA ODR (PENERAPAN LAYANAN KLINIK SANITASI ONLINE DAN RUJUKAN) PERTAMA KALI DILAKUKAN DI PUSKESMAS DANAR

Maluku Tenggara | Rabu,10 Mei 2023

Puskesmas Danar menyelenggarakan kegiatan pelayanan klinik sanitasi online dan rujukan pertama kalinya hari Rabu, 10 Mei 2023. Klinik Sanitasi adalah upaya atau kegiatan yang mengintegrasikan pelayanan kesehatan promotif, preventif dan kuratif yang difokuskan pada penduduk yang beresiko tinggi untuk mengatasi masalah penyakit berbasis lingkungan yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan lingkungan puskesmas. Berdasarkan hasil pengamatan belum adanya pelaksanaan pelayanan  kesehatan lingkungan khususnya pelayanan klinik sanitasi di dalam gedung maupun di luar gedung Puskesmas Danar sehingga pasien/klien maupun masyarakat tidak mendapatkan pelayanan secara efektif dari tenaga kesehatan lingkungan sesuai alur layanan yang tepat. Informasi tentang pelayanan klinik sanitasi belum tersedia dan kurangnya alat Peraga terkait pelayanan Kesehatan Lingkungan serta masih banyaknya jumlah sarana kesehatan lingkungan yang dimiliki masyarakat belum memenuhi syarat kesehatan yang secara tidak langsung berkaitan dengan terjadinya penyakit  berbasis lingkungan, sangat penting untuk segera ditangani.

Pada hari pertama Rabu, 10 Mei 2023 dilaksanakannya pelaksanaan kegiatan pelayanan klinik sanitasi terdapat 4 pasien ISPA, 1 Pasien Diare dari rujukan internal Poli Umum oleh dr. Ganesha M. Loppies dan 1 Klien yang berkonsultasi lewat web perankitaodr.com. Untuk alat dan bahan serta ruangan telah disediakan sebelum hari Rabu, 10 Mei 2023 sehingga pada saat mulai dilakukan pelayanan sudah berjalan dengan dengan baik. Pasien/klien dilihat dari hasil form kepuasan 83 % sangat puas, 16 % puas, 0 % tidak puas menunjukan bahwa terdapat dampak positif yang diterima oleh pasien/klien dengan adanya pelayanan klinik sanitasi. Bapak Hi. Yusuf Warwefubun, A.Md.Kep Selaku kepala Puskesmas Sangat mengapresiasi dengan adanya inovasi klinik sanitasi yang dilakukan, beliau menyampaikan sudah lama ingin ruangan yang tersebut dapat difungsikan sebagai ruangan klinik sanitasi namun tidak pernah berjalan dengan adanya petugas kesehatan lingkungan dan penerapan klinik sanitasi yang selama ini dikenal hanya turun kegiatan lapangan saja dan tidak ada sama sekali pelayanan terhadap pasien pasien Penyakit Berbasis Lingkungan yang berkunjung ke Puskesmas Danar sekarang sudah berjalan sehingga terjadi penanganan secara bersama dengan tenaga kesehatan lainnya didalam gedung dan ditangani hingga diluar gedung Puskesmas Danar.

Harapannya, kegiatan pelayanan kesehatan lingkungan dengan PERAN KITA ODR (Penerapanan Layanan Klinik Sanitasi Online Dan Rujukan) dapat terus dilaksanakan agar pasien/klien/masyarakat mendapatkan pelayanan klinik sanitasi sehingga penyebab penyakitnya yang disebabkan oleh faktor lingkungan mendapatkan penanganan dengan edukasi konseling, inspeksi, dan intervensi terhadap faktor penyebab penyakitnya serta dapat berkonsultasi langsung atau melalui online terkait  masalah kesehatan lingkungan dimana telah memudahkan masyarakat dan petugas kesehatan lingkungan untuk mengetahui kondisi masyarakat dan lingkungannya yang membutuhkan pelayanan serta terjadinya peningkatan pelayanan preventif dan promotif.

Download Artikel E-Buletin : https://bit.ly/E-buletinHAKLI

Oleh : Nurul Fahmi S.Tr. KL